Mengenai Saya

Kiat Beli Mobil

Image

Memiliki mobil sebagai alat transportasi pribadi memang sangat menyenangkan. Akan tetapi jika memiliki mobil yang tidak sesuai dengan kebutuhan pemakaian, pastinya akan menjadi sia-sia dan menjadi alat penyedot atau pemborosan uang anda saja. Terlebih saat ini dunia sedang dilanda krisis moneter yang menyebabkan industri otomotif pun terkena imbasnya. Kenaikan harga diberbagai sektor pun menjadi hal yang tidak bisa dihindari.

Untuk menghindari kesalahan dalam membeli mobil ada beberapa hal yang memang harus dijadikan bahan pertimbangan, sehingga mobil yang anda miliki bisa efektif dan efisien buat diri anda sendiri. Yang harus menjadi pertimbangan adalah :

Mesin Diesel Atau Bensin
Ada dua jenis mesin kendaraan yang dapat menjadi pilihan Anda. Apakah mobil bermesin diesel atau mobil bermesin bensin, kedua jenis mesin ini memiliki karakter yang sangat berbeda. Yang paling bisa terlihat adalah, mesin bensin cenderung memiliki getaran dan suara lebih halus, sedangkan mesin diesel punya getaran yang lebih besar dan bersuara lebih kasar. Mesin diesel menggunakan bahan bakar solar, sedangkan mesin bensin menggunakan bahan bakar sejenis Premium ataupun Pertamax. Jadi, ada baiknya pelajari kekurangan dan kelebihan masing-masing tipe mesin dengan membaca brosur mobil tersebut dan sesuaikan dengan keinginan anda.

Transmisi Manual Atau Automatic (Otomatis)
Buat anda yang menginginkan kepraktisan dan kenyamanan berkemudi diperkotaan yang padat, mobil bertransmisi otomatis bisa jadi pilihan. Sedangkan jika tidak terlalu memperdulikan hal itu mobil transmisi manual tidak salah untuk dipilih.

Jenis Mobil
Secara garis besar ada dua jenis mobil yaitu mobil penumpang dan mobil niaga. Mobil jenis penumpang itu seperti sedan, SUV dan Hatchback dan untuk jenis niaga itu kebanyakan seperti jenis MPV. Mobil penumpang umumnya lebih bergengsi dari segi model dan menawarkan kenyamanan lebih, sedangkan untuk mobil niaga menawarkan kapasitas muat yang banyak serta biaya perawatan yang mudah dan murah.

Tingkat Konsumsi Bahan Bakar
Setiap mobil memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang berbeda-beda. Umumnya semakin besar kapasitas CC mesin mobil, berarti konsumsi BBM-nya pun semakin banyak serta tenaga mesinnya pun semakin besar, misalkan mobil 1500 CC pasti konsumsi BBM-nya lebih boros daripada yang bermesin 1000 CC, namun mobil 1500 CC tenaganya lebih kuat. Akan tetapi seiring tekknologi mesin yang semakin baik, banyak mobil dengan kapasitas mesin yang ber CC besar pun tetap bisa memiliki konsumsi BBM yang irit alias efisien. Yang jelas untuk saat ini, pilihlah mobil yang konsumsi BBM-nya irit. Mobil dengan jenis transmisi otomatis cenderung lebih boros ketimbang transmisi manual.

Ketersediaan dan Harga Spareparts
Suku cadang adalah hal yang penting untuk diketahui, mulai dari ketersediaan hingga harganya harus diketahui informasinya. Karena tiap komponen di mobil pasti punya waktu masa pakai. Tanyakan kepada dealer atau penjual bagaimana dengan ketersediaan suku cadangnya, akan lebih baik mencari informasi lagi diluar dari kedua sumber tersebut. Mobil yang harga suku cadangnya mahal dan sulit didapatkan saat dibutuhkan tentu akan sangat merepotkan jika suatu saat ada kerusakan pada mobil yang anda gunakan.

Nilai Harga Jual Kembali
Untuk antisipasi, jika sewaktu-waktu anda bosan dengan mobil yang sudah dimiliki dan tiba-tiba ingin menjualnya, ada baiknya mempertimbangkan harga jual kembali. Semakin tinggi nilai harga jualnya kembali, tentunya akan sangat menguntungkan bagi anda. Sebagai informasi harga mobil akan tetap tinggi jika suku cadangnya murah dan mudah diperoleh, serta pemakaian bahan bakarnya irit.

Jarak Tempuh dan Kondisi Jalan Sehari-hari
Pertimbangkan juga dimana tempat tinggal anda untuk memilih mobil yang sesuai. Misalkan jalanan menuju rumah anda tidak rata dan rawan banjir maka sebaiknya pilih mobil yang memiliki kaki-kaki yang tinggi atau jarak dengan permukaan tanahnya (ground clearance) tinggi, tidak dianjurkan memilih mobil sedan. Pilihlah mobil City Car jika tempat tinggal anda memiliki jalanan yang sempit dan pada, karena mobil jenis City Car pasti memiliki ukuran body yang kecil. Pertimbangkan juga jika Anda tidak mempunyai lahan parkir.

Kemudahan Service
Pilihlah mobil yang memiliki jaringan pelayanan bengkel resminya banyak dan tersebar luas, serta sebisa mungkin juga cari informasi mengenai biaya yang harus dikeluarkan setiap kali servis untuk perawatan (Tune-Up).

Yang terakhir, pastinya sesuaikan pilihan mobil anda dengan budget keuangan yang dimiliki atau kemampuan daya beli anda, terutama jika ingin membeli secara kredit.

(Berbagai Sumber)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar