Mengenai Saya

MEMASANG BUSI

Kabel Busi
Kabel Busi
Kita sering melihat mobil-mobil modifikasi memiliki kabel busi yang besar dan berwarna-warni. Kelihatan keren dan sangar. Begitu kabel busi diganti, kesan "racing" langsung muncul pada mesin anda. Tapi sebenarnya kegunaan kabel busi bukan pada tampilannya. Itu jelas. Karena itu kita harus berhati-hati memilih kabel busi yang bagus untuk mesin mobil kita. Jangan sampai hanya tampilannya yang keren, tapi kinerja mesin malah jadi loyo.

Fungsi kabel busi yang utama adalah mengantar listrik yang dihasilkan oleh koil ke busi, sehingga busi mampu meletikkan pijaran bunga api guna membakar campuran bensin dan udara di ruang bakar. Karena fungsinya sebagai pengantar listrik itulah, maka kabel busi yang dipakai harus memiliki kualitas yang baik agar menghasilkan pengapian yang juga baik.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan
Walaupun secara teori benar bahwa semakin besar diameter kabel maka arus listrik yang dikirim juga semakin besar, namun dalam prakteknya, hal itu juga bukan satu-satunya sebagai bahan pertimbangan. Hal yang perlu diperhatikan sebenarnya pada kabel busi adalah material (bahan) kabel busi itu sendiri. Sebab percuma saja diameternya besar, namun materialnya bukan merupakan kategori penghantar listrik yang bagus. Kabel busi yang kandungan besinya makin sedikit maka hambatannya juga makin kecil, sehingga pengapian pun membesar dan mesin menjadi lebih bertenaga.
Pemilihan material (bahan) kabel busi harus yang baik
Pemilihan material (bahan) kabel busi harus yang baik

Dan terakhir yang patut diperhatikan adalah kualitas pembungkus kabel busi. Kualitas kabel busi dapat mempengaruhi keamanan dan sistem audio mobil. Pelapis yang tipis rawan meleleh karena panas dan bisa juga menimbulkan gangguan pada sistem audio seperti storing atau noise. Akibat kebocoran dari kabel busi pun bisa jadi penyebab kebakaran mobil. Dalam hal ini diperlukan kecermatan yang lebih dalam memilih kabel busi.

Dan yang terpenting adalah ketika membeli kabel busi harus disesuaikan dengan kegunaannya, apakah hanya sekedar untuk mengganti kabel busi yang sudah rusak atau sekalian untuk menambah performa kendaraan. Semua itu tergantung dari kita dan akan lebih baik bila sebelum membeli bertanya dulu kepada sipenjualnya



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar