Mengenai Saya

Teknik Mengerem Terbaik

Image
Teknik Pengereman Yang Baik Dan Aman

Rem adalah bagian paling penting pada sebuah kendaraan bermotor, karena fungsinya untuk mengendalikan dan menghentikan laju kendaraan, pada mobil rem dikendalikan melalui pedal rem. Oleh karena itu pedal rem termasuk perangkat penting yang pasti kita gunakan tiap kali berkendara.

Meskipun sangat akrab dan kita perlukan untuk mengontrol kecepatan kendaraan, ternyata penggunaan pedal rem untuk pengereman tidak cukup sekadar asal injak saja. Ada tata cara pengereman yang sebaiknya diterapkan dan dikuasai dengan baik demi keselamatan dan kenyamanan berkendara. Untuk itu ada tiga poin yang harus kita perhatikan saat melakukan pengereman, yaitu :

1. Injaklah pedal rem secara halus, bukan mendadak dan sekali tekan. Penginjakan pedal rem yang mendadak dapat memungkinkan rem mengunci ban. Ini sangat berbahaya karena akan menyulitkan pengemudi dalam mengontrol arah mobil. Bagi pengendara yang mobilnya sudah dilengkapi dengan ABS (anti-lock braking system), ban terkunci akibat pengereman tidak akan terjadi bila kondisi ABS dalam keadaan normal. Meskipun telah dilengkapi ABS, sebaiknya menginjak pedal rem memang tidak secara mendadak. Kecuali, objek di sekitar kita memang muncul secara tiba-tiba sehingga kita harus secara drastis segera mengurangi atau menghentikan laju mobil.

Image

2. Jangan menekan pedal kopling secara penuh saat menginjak pedal rem. Mirip dengan poin satu, jika pedal kopling diinjak secara penuh, efek engine brake menjadi tidak ada dan kita juga akan kesulitan mengendalikan laju kendaraan, tentunya ini hanya berlaku pada mobil transmisi manual.

3. Bantu pengereman dengan menggunakan engine brake. Caranya, selain menginjak pedal rem, setelah kecepatan kendaraan turun lakukan juga penurunan perseneling ke gigi yang lebih rendah. Engine brake membantu kita lebih menghemat kanvas rem. Menurunkan persneling ke gigi yang lebih rendah tentunya tidak bisa dilakukan pada mobil matic oleh karena persneling sudah berpindah secara otomatis sesuai putaran mesin, sehingga engine brake sangat minim didapat.

Seperti disebutkan pada poin ketiga, selain terkait dengan masalah keselamatan, teknik mengerem ini juga perlu kita lakukan dalam rangka lebih memperpanjang usia komponen pada sistem pengereman, terutama kanvas rem.

Selain dari 3 point tersebut, yang paling penting sebagai pengemudi kita harus bisa mengatur jarak aman agar terhindar dari tabrakan atau benturan di jalan, usahakan tetap mengontrol diri saat melakukan pengereman, terutama saat mendadak. Karena, pengereman akan sangat optimal kondisi pengemudi tidak panik.
dari berbagai sumber



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar